Rabu, 27 Oktober 2010

RAHASIA KEHIDUPAN

 Berikut adalah hukum-hukum yang tersirat dan tersurat tentang rahasia kehidupan:

1. Adanya sesuatu karena adanya sebab atau proses yang mengadakannya.
Hukum sebab akibat adalah hukum alam yang menyatakan bahwa segala sesuatu tidak akan terjadi dengan sendirinya tanpa ada yang mengadakan atau yang menyebabkan adanya sesuatu. Segala sesuatu tidak akan pernah ada atau terjadi tanpa adanya sebab yang mengadakan atau yang menimbulkannya.
Hukum ini jelas menyatakan bahwa segala sesuatu yang hendak kita dapatkan atau kita capai haruslah melalui sebuah proses atau sebab  untuk mencapainya.
Mengharapkan dan menginginkan terjadinya sesuatu tanpa adanya sebab dan proses untuk mencapainya merupakan kenisbian dan kemustahilan belaka.
Oleh karena itu untuk mendapatkan sesuatu yang kita harapkan dan kita inginkan hendaklah kita harus melalui sebuah proses tuk mendapatkannya, tanpa adanya hal ini semua yang kita inginkan dan kita harapkan tak ubahnya sebuah hayalan dan impian semata yang takkan pernah terwujud dan terealisasi adanya.
2. Sesungguhnya setiap individu manusia itu pada dasarnya adalah baik.
Pernahkah kita sadari hal ini bahwa sesungguhnya setiap individu manusia itu pada dasarnya adalah baik.Dan kejahatan atau keburukan yang dilakukannya adalah karena kelalaian, kebodohan , ketidaktahuannya , serta ketidak mampuannya menahan atau mengendalikan emosi dan keinginannya.
Teori ini berdasarkan dan mengacu pada sifat dasar individu manusia yang senantiasa menginginkan kebaikan untuk dirinya .
Dan tidak ada satu orang pun individu manusia di dunia ini yang mengharapkan dan menginginkan keburukan untuk dirnya.
3. Kehidupan ini sesungguhnya senantiasa berpasang-pasangan.
Adanya siang dan malam, adanya laki-laki dan perempuan, adanya positif dan negatif, dan yang lain-lain nerupakan bukti bahwa sesungguhnya kehidupan ini sesungguhnya senantiasa berpasang pasangan. Namun banyak diantara kita yang kurang dan tidak menyadari akan adanya hal ini yang menginginkan kesamaan atau menyamakan sesuatu yang tidak sama, hal ini merupakan hal yang mustahil dan bertentangan dengan takdir yang telah Tuhan gariskan di dunia ini, Karena sesungguhnya apa yang ada didunia ini berbeda-beda tidak ada yang sama, walaupun seorang kembar sekalipun. Jadi janganlah kita berpandangan tuk menyamakan dan menyelaraskan sesuatu yang di takdirkan tidak sama, karena sama halnya menentang takdir yang telah Tuhan gariskan.
4. Siapa yang menanam maka akan menuai hasilnya.
Setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang diusahakannya, jika kita menanam kebaikan maka akan berbuah kebaikan begitupun sebaliknya jika kita menanam keburukan maka akan berbuah keburukan.Setiap orang akan menuai hasil sesuai dan sebanding dengan apa yang telah dilakukan dan dikerjakannya, seperti halnya kalau kita menanam buah semangka tentu akan menghasilkan buah semangka , jika kita menanam daun sirih maka akan menghasilkan daun sirih, tidakmungkin jika menanam daun sirih akan berbuah semangka .
Jadi jelaslah bahwa setiap individu manusia akan menuai hasil sesuai dan sebanding dengan apa yang telah diusahakan dan dikerjakannya. Jika kita menanam keburukan akan menuai keburukan ,jika kita menanam kebaikan maka akan menuai kebaikan, sesuai dan sebanding dengan apa yang dikerjakan.
5. Tiada yang sempurna dan kekal di dunia ini.
Pernahkah kita mengkaji dari kehidupan ini sesungguhnya tiada yang sempurna dan kekal didunia ini. Ada yang datang ada yang pergi, ada yang terlahir ada yang binasa , semuanya tidak ada yang sempurna , semuanya akan hancur dan binasa .Tidak ada yang sempurna di dunia ini,
begitupun diri kita manusia.
Tidak ada manusia yang sempurna, semuanya memiliki kekurangan, semuanya memiliki kelebihan, semuanya akan binasa.
6. Segala sesuatu yang berlebihan itu merugikan
Berlebihan dalam segala hal pada dasarnya akan merugikan diri kita sendiri karena sesungguhnya manusia itu serba terbatas adanya.oleh karena itu janganlah berlebihhan dalam segala hal walaupun itu dalam hal kebaikan sekalipun karena pada dasarnya akan merugikan diri kita sendiri.
7. Apa yang ada di dunia ini hanya datang sekali seumur hidupkita
Pernahkah kita menyadari sesungguhnya apa yang terjadi didunia ini hanya datang sekali dan tidak akan terulang lagi, apa yang terjadi dalam kehidupan ini hanya akan terjadi sekali seumur hidup kita, oleh karena itu manfaatkan waktu sebaik mungkin, jangan sia-siakan hidup kita, berbuatlah yang terbaik dalam kehidupan ini agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Karena ingatlah dalam kehidupan ini apa yang telah terjadi takkan pernah terulang lagi.
8. Hidup adalah sebuah pilihan
Kalau kita mengkaji sesungguhnya hidup ini adalah sebuah pilihan, dimana kita harus memilih diantara dua pilihan diantara baik dan buruk , haram dan halal, jalan surga atau neraka semua tergantung diri kita untuk menentukan sebuah pilihan. Setiap pilihan yang kita pilih ,kita harus rela menerima resikonya sebagai hasil dan buahnya,karena sesungguhnya kita majikan dari kita sendiri, semuanya bergantung pada kita tuk menentukan sebuah pilihan.

Tidak ada komentar: